Makanan Lebah Klanceng: Bunga Kaliandra Merah

Makanan Lebah Klanceng: Bunga Kaliandra Merah

Dari berbagai tanaman yang tumbuh dalam sekitar Penagkaran Lebah Klanceng  di rumahmaduklanceng.com adalah bunga Kaliandra Merah. Pohon kaliandra merah ini  sangat mudah ditanam  dan dapat beradaptasi diberbagai tempat dan suhu.
 

Manfaat


Manfaat  daun kaliandra sebagai hijauan pakan ternak yang telah banyak dilakukan, umumnya petani yang berada di areal kawasan kehutanan atau perkebunan. Peternak biasanya  memberikan daun kaliandra dalam bentuk segar karena lebih disukai ternak, tetapi ada sebagian yang  dilayukan dahulu untuk menurunkan kadar tanninnya (kadar tannin yang tinggi menyebabkan daun sukar dicerna oleh ternak).

Daun Kaliandra ini mempunyai kandungan protein cukup tinggi (20-25%) yang sangat bermanfaat bagi peningkatan produktivitas ternak, serta cepat tumbuh dan kemampuan bertunas tinggi setelah pemangkasan. Pemanfaatan kaliandra sebagai hijauan pakan ruminansia telah memperlihatkan pengaruh yang menguntungkan tidak hanya performa produksi tetapi performa reproduksi ternak juga meningkat.

Selain digunakan sebagai hijauan pakan ternak, kaliandra juga banyak dimanfaatkan sebagai kayu bakar, produksi  pendukung produksi Madu lebah Klanceng, dan untuk konservasi lahan marginal.

Bunga

Bunga Kaliandra ini sangat disukai lebah Klanceng. Bunga ini mekar selama satu malam saja dengan benang-benang mencolok, Sehari kemudian benang-benang ini akan layu.  Kenapa Lebah Klanceng  menyukai bunga Kaliandra ? ya karena Lebah Klanceng menyukai Nektar yang terdapat dalam bunga kaliandra tersebut. Nektar atau sari bunga adalah cairan manis kaya dengan gula yang diproduksi bunga dari tumbuh-tumbuhan sewaktu mekar untuk menarik kedatangan hewan penyerbuk seperti serangga. Nektar dihasilkan kelenjar nektar yang biasanya terletak di dasar perhiasan bunga (perianthium), sehingga hewan penyerbuk mau tidak mau bersinggungan dengan kepala sari (anthera) dan pistil sewaktu mengambil nektar.
 

Penanaman

Penanaman dapat dilakukan dengan cara menyemai langsung biji pada kedalaman 1-3 cm atau dengan memindahkan tanaman bibit yang telah berakar dari alam bebas.

Kesimpulan

  1. Bunga Kaliandra ini sangat cocok ditanam bagi anda yang melakukan budidaya lebah Klanceng
  2. Daun Kaliandra ini sangat cocok ditanam bagi anda yang menggeluti ternak ruminasi, Sapi, Kambing dan lainya.
  3. Pohon Kaliandra ini sangat cocok ditanam sebagai untuk konservasi lahan marginal seperti tepi sungai, hutan, jalan, atau daerah lahan kritis yang ditumbuhi alang-alang.