CARA MEMBAGI KOLONI KLANCENG JENIS LEAVICEP BAGIAN KE 2

CARA MEMBAGI KOLONI KLANCENG JENIS LEAVICEP BAGIAN KE 2

Cara yang kedua MEMBAGI KOLONI kLANCENG :

  1. Sediakan Stup atau rumah baru
  2. Buka Stup master (Koloni Trigona yang diseplit
  3. Apabila Stup master (Koloni Trigona yang diseplit)sudah memenuhi syarat maka diambil sebagian (1/2 bagian)Telur( cari telur yang lebih besar dari pada yang lainnya/telur calon Ratu, Polen dan paropolis. (ratu tetap di Stup master (Koloni Trigona yang diseplit.
  4. Olesi pintu masuk (entrance) Stup Koloni Trigona dengan propolis yang diambil dari pintu masuk Stup master (Koloni Trigona yang diseplit)kalau tidak ada boleh menggunakan propolis yang ada didalam Stup master (Koloni Trigona yang diseplit)
  5. Ambil Madu yang ada di Stup master (Koloni Trigona yang diseplit)untuk kita manfaatkan
  6. Tutup dengan rapat Stup baru dan Stup master (Koloni Trigona yang diseplit).
  7. Pindahkan Stup master (Koloni Trigona yang diseplit) ketempat yang agak jauh kurang lebih 3 (tiga) sampai 10 (sepuluh) meter.
  8. Tempatkan Stup yang baru hasil dari split ditempat Stup master (Koloni Trigona yang diseplit) yang tadi berasal.
  9. Biarkan Lebah pekerja masuk dan mengenali rumah barunya dengan propolis yang dioleskan dipintu masuknya
  10. Perhatikan jangan sampai ada semut yang masuk kekoloni yang baru. Bisa diolesi dengan kapur anti semut di bebearapa tempat yang sekiranya tidak dihinggapi lebah trigona atau bisa dilumuri dengan oli bekas pada kaki penyangga rak (jika memakai rak)


Dalam proses Split Koloni Trigona yang harus diperhatikan adalah kehati-hatian agar telur tidak rusak dan madu tidak tercecer agar tidak mengundang predotor lain (Semut dan lalat).



Akhirnya selamat mencoba semoga Sukses.
 Artikel Cara “Split” Koloni Klanceng Jenis Leavicep diatas dirangkum dari hasil diskusi praktisi /peternak trigona dan juga akademisi.
 Trimakasih buat bapak Rizal Fachmi, Bp. Budhi, Bp. Heri, Bp.pringgo, Bp.Khudori, Bp.Puguh, Bp.Sidik, Bp.Dwiheri, ibu Nafia dan Ibu Atiek.