Cara MEMBAGI Koloni Klanceng Jenis Leavicep

Cara MEMBAGI Koloni Klanceng Jenis Leavicep

“Split” istilah ini masih agak asing, ya istilah split sering digunakan dalam Budidaya Lebah Klanceng atau Trigona. Split berasal dari bahasa Inggris yang artinya membagi. Sepeti contoh “SPLIT KOLONI TRIGONA”


Jadi Split Koloni Trigona berarti membagi koloni trigona menjadi 2 (dua) koloni yang sama bisa bertahan hidup dan bisa menghasilkan Madu.

Keunggalan Split Koloni adalah mempercepat jumlah koloni yang dimiliki oleh seorang peternak cara ini lazim digunakan para peternak Klanceng.

Sebelum melakukan Split Koloni ada beberapa syarat wajib yang harus terpenuhi  yaitu Koloni Trigona dalam keadaan Kuat artinya didalam koloni terdapat ratu, lebah pekerja yang banyak, telur yang banyak, terdapat polen dan Madu didalamnya. Diusahakan waktu split Koloni dilakukan dimusim bunga atau musim kemarau, ini bertujuan untuk mempermudah perkembangbiakan koloni trigona karena tersedia sumber makan yang cukup.


Ada 2 (dua) cara Split Koloni Trigona Jenis Leavicep yaitu dengan Memindahkan Ratu kesarang baru dan tanpa memindahkan ratu ke sarang baru. Untuk memudahkan penyebutan Stup koloni yang mau displit kita sebut dengan nama “MASTER”.

     Cara yang pertama:

  1. Sediakan Stup atau rumah baru
  2. Buka Stup master (Koloni Trigona yang diseplit) Apabila Stup master (Koloni Trigona yang diseplit)sudah memenuhi syarat maka diambil sebagian (1/2 bagian)Telur, Polen dan juga yang penting Ratunya (cari sampai ketemu ratunya) kemudian semuanya dimasukkan ke stup yang baru.
  3. Olesi pintu masuk (entrance) Stup Koloni Trigona dengan propolis yang diambil dari pintu masuk Stup master (Koloni Trigona yang diseplit)kalau tidak ada boleh menggunakan propolis yang ada didalam Stup master (Koloni Trigona yang diseplit)
  4. Ambil Madu yang ada di Stup master (Koloni Trigona yang diseplit)untuk kita manfaatkan.
  5. Tutup dengan rapat Stup baru dan Stup master (Koloni Trigona yang diseplit)
  6. Pindahkan Stup master (Koloni Trigona yang diseplit) ketempat yang agak jauh kurang lebih 3 (tiga) sampai 10 (sepuluh) meter.
  7. Tempatkan Stup yang baru hasil dari split ditempat Stup master (Koloni Trigona yang diseplit) yang tadi berasal.
  8. Biarkan Lebah pekerja masuk dan mengenali rumah barunya dengan propolis yang dioleskan dipintu masuknya.
  9. Perhatikan jangan sampai ada semut yang masuk kekoloni yang baru. Bisa diolesi dengan kapur anti semut di bebearapa tempat yang sekiranya tidak dihinggapi lebah trigona atau bisa dilumuri dengan oli bekas pada kaki penyangga rak(jika memakai rak)

CARA YANG KEDUA....